My Skin's BFF : Daily Skincare Regime

Hi! Seperti yang saya janjikan saya akan membahas tentang skincare yang sedang rajin saya gunakan belakangan ini. Sejak suka make-up saya mulai lebih memperhatikan kesehatan kulit, because i need a good canvas to work with. Sebenernya telat banget sih, sekarang udah menjelang usia 30an baru melengkapi regimen perawatan kulit T___T". Ini pertamanya gara-gara saya susah banget nemu produk yang cocok, dikit-dikit iritasi, terus saya juga ngga pernah cari tau penyebabnya. Senengnya sekarang udah banyak literatur tentang kesehatan kulit jadi ngga terlalu buta waktu mesti pilih-pilih produk skincare.



Ada 3 produk yang baru aja ditambahkan ke rutinitas skincare saya, yaitu toner, exfoliator dan serum. Ha? Apaaa??! Sebelumnya saya pake 3 jenis produk itu juga sih tapi ngga sampe lama, karena kebanyakan produk yang saya coba ngga cocok, jadi pake-nya on/off gitu. Penyebabnya ya itu tadi, bikin iritasi dan terlalu keras di kulit. Terutama sih kalo produknya terlalu wangi, tapi dulu belom ngerti deh kalo fragrance dalam skincare adalah iritan nomor 1 bagi kulit. Hiks.

Untungnya sekarang udah nemu yang cocok, dan sekarang kondisi kulit saya udah lebih nyaman dari sebelumnya. Kulit saya sekarang terlihat lebih bersih dan komedo ngga terlalu songong nongol-nongol seenaknya kayak dulu. Oiya, jenis kulit saya termasuk normal to oily.

Untuk yang belum tau jenis kulitnya, kamu bisa baca Disini dan Disini.

Okay, so here is the list! My skin's BFF, alias skincare yang ngertiin banget kulit saya *hihiy :

1. Makeup Remover
Maybelline Make Up Remover Eye & Lip
Saya udah lama banget pake makeup remover-nya ini. Dari pertama kenal sama maskaranya Maybelline saya langsung pake produk ini, simply because ga ada yang bisa menghapus maskaranya Maybeline sampai bersih selain produk ini, haha. Sekarang sih udah banyak ya makeup remover yang sama-sama efektif menghapus makeup waterproof, tapi udah puas sama yang ini, harganya lumayan terjangkau, mudah ditemukan dan ngga bikin kulit perih.

Makeup remover hanya saya pakai kalo lagi dandan tebal aja, kalo ngga dandan sih saya langsung lanjut ke produk yang akan saya bahas selanjutnya.

2. Facial Wash
Acnes Creamy Wash
Saya paling ngga suka kalo abis cuci muka terus muka kerasa kenceng-kenceng kering, ini biasa saya alami setelah menggunakan produk facial wash yang banyak beredar di supermarket, di kamar mandi sampe numpuk tube2 pembersih muka. Dulu sempet suka banget sama Cetaphyl Gentle Cleanser, tapi lama-lama berat juga di kantong, hahaha. Saya lupa liat review produk ini dimana ya, akhirnya saya coba dan ternyata cocok! Produk ini ngga bikin kulit terasa kering biarpun saya mencuci muka dua kali (biasanya setelah makeup yang rada berat), dan wanginya juga kalem.

 3. Toner
Paula's Choice Skin Balancing Pore-Reducing Toner
Dulu sebelum ketemu sama produk ini saya musuhan sama toner. Mungkin karena saya kenalnya sama toner yang bikin perih aja, hahaha. Tapi kemarin setelah coba sampelnya ternyata enak banget di kulit saya. Sepertinya karena toner ini bebas pewangi dan alkohol. Setelah pake toner ini kulit rasanya seger dan bersih.

Sebelum coba produknya Paula's Choice, saya sempet ngefans sama bukunya Paula Begoun (founder Paula's Choice skincare) yang judulnya the Original Beauty Bible. Isinya menjelaskan banyak hal tentang kecantikan dari informasi tentang kandungan kimia dalam produk kecantikan sampai bagaimana memilih kuas make up yang ideal. Baca buku ini ibarat pencerahan bagi pengetahuan kecantikan saya, ngga langsung jadi ahli sih, cuman at least saya jadi sedikit kebayang terutama tentang kandungan di dalam kosmetik jadi ngga mudah kemakan sama iklan -atau review-, hahaaa you know what i mean ;D

4. Acne Treatment
Benzolac 2,5%
Kulit saya waktu remaja ngga pernah jerawatan lho, sejak punya baby malah kadang-kadang muncul. Hiks. Kecuali untuk jerawat karena hormon (you know, menjelang hari "H") dan jerawat batu, buat saya produk ini cukup ampuh mengusir jerawat, apalagi dipakenya pas jerawat baru mau jadi (belum teralu merah/meradang). Biasanya sih langsung kempes dikasih salep ini. Kalo jerawat batu saya belum baca-baca lagi nih, padahal baru nongol nih satu gede banget di dagu, sebelumnya saya ga pernah punya jerawat batu, huwaaaa! Any suggestion?

5. Exfoliator
Paula's Choice Skin Perfecting 2% BHA Liquid
Nah ini adalah BHA/Salicylic Acid yang bentuknya cair. Kemarin sempet baca di buku dan di beberapa blog kalo untuk membersihkan pori-pori paling ideal pake salicylic acid, karena hanya zat tersebut yang bisa masuk ke dalam pori-pori. Akhirnya nyobain produk ini deh. Pakenya setelah toner dan sebelum serum caranya dituangin dulu ke kapas sedikit aja baru ditotol-totolin tipis, kalo saya sih ke daerah yang banyak komedonya seperti hidung.

Suka banget sama produk ini karena memang keliatan komedo jadi berkurang meskipun butuh waktu, setelah sebulan sih kerasa banget di hidung udah sedikit banget bintik-bintik hitam yang terlihat, pori-pori juga jadi terlihat mengecil. Cuman kalo lagi pake produk ini jangan sampe kelewat sunscreennya, karena kulit yang lagi di exfoliate akan jadi cenderung lebih sensitif sama matahari (cepet terbakar, dst).

6. Serum
Clinique Repairwear Laser Focus
Serum ini oleh-oleh dari Tante saya yang ngefans banget sama Clinique. Ternyata saya sukaaa banget sama serum ini. Teksturnya seperti gel tapi agak milky juga. Di kulit terasa ringan dan cepat meresap, kulit juga terasa lebih halus. Fragrance free, tapi ngga aneh kok baunya. Ini mungkin yang bikin kulit saya bisa akur sama serum ini, padahal biasanya langsung protes dikasih serum-seruman :D . Sekarang baru 3 minggu pake, kerutan kelihatan sedikit berkurang dan kulit rasanya lebih supple. Untuk efek segar, serum ini saya simpan di kulkas, hihi. Ngga ada saran demikian sih, cuma suka aja efek-efek dinginnya :'D.

7. Moisturiser
Hada Labo Ultimate Moisturizing Milk
Nah kalo ini pelembap andalan saya dan suami. Saya suka pelembap ini karena simpel and it works. Harganya juga terjangkau dan ngga abis-abis. Produk ini teksturnya agak cair, saya aplikasiin biasanya sebesar buku jari kelingking aja untuk wajah+leher. Mungkin karena kulit saya cenderung oily jadi kalo lebih dari itu biasanya malah kebanyakan dan over-moisture.

 8. Sunscreen
Acnes UV Tint SPF 30 PA++
Ini kayaknya sunscreen sejuta blogger deh, hahahha. Saya juga pertama coba produk ini karena baca reviewnya di blognya ses Arum dan blognya Phanie. Buat saya nyari sunscreen termasuk perjuangan juga karena biasanya bikin perih dan lengket di kulit. Karena harganya terjangkau jadi akhirnya memutuskan untuk coba si Acnes ini, dan alhamdulillah ternyata cocok. Produk ini masih mengandung pewangi sih, tapi untungnya ngga banyak jadi masih aman-aman aja.

Biarpun judulnya UV tint tapi coveragenya sheer banget, kelihatannya seperti habis bedakan tipis aja. Biasanya untuk sehari-hari saya berhenti di produk ini, paling ditambah gambar alis, sedikit blusher dan lipbalm/lipstik, and i'm ready to go!

Selain Acnes UV Tint saya juga suka Etude House Sunprise SPF 50++. Tapi kalo Sunprise kerasa lebih thick, jadi kalo mataharinya lagi ngga terik-terik amat saya lebih suka pake Acnes.

9. Lipbalms
Nivea Med Protection SPF 15
L'Occitane Ultra Rich Lip Balm
Bibir saya kering banget! Entah kenapa dari kecil seperti itu, kakak saya juga bibirnya suka kering, dan sepertinya ini nurun ke anak saya, hiks. Saya selalu milih lipbalm putih tanpa pewarna dan pengharum buatan untuk treatment bibir saya, ngga lain karena bibir saya sensitif sama dua bahan tambahan tersebut. Kalo maksain pake biasanya bibir malah tambah kering dan bisa pecah-pecah gitu.

Dua lipbalm ini udah jadi andalan saya sejak lama. Untuk siang hari saya pakai Nivea karena ada SPFnya, selain itu efeknya juga ngga terlalu "basah" di bibir. Jadi kalo kemudian dilayer dengan lipstick matte ngga merubah finishingnya. Sedangkan untuk treatment malam hari saya pakai L'Occitane Ultra Rich lipbalm. Biasanya kalo dipake malam, pagi harinya bibir saya bakalan bebas kering, terasa lembap dan empuk kayak bantal. Hahaha yakali. :))

10. Face Masks

Untuk masker wajah saya paling suka menggunakan bahan-bahan yang bisa saya temukan di dapur, terutama pas awal bulan *apasih*. Saya suka menggunakan bahan dapur karena wanginya enak dan mudah ditemukan plus bebas bahan kimia aneh-aneh. Biasanya saya maskeran 1-2 minggu sekali. Resepnya saya dapat dari internet, kemudian takarannya dicocokkan dengan selera pribadi. Nah, ini dia beberapa masker favorit saya;

a. Dark Chocolate + Honey + Oatmeal
Masker ini jadi andalan saya kalo lagi merasa sumpek dan kulit rasanya kusam ngga berenergi. Karena wangi coklatnya masker ini bisa bikin saya merasa relax dan happy seketika. Kadang selesai dioleskan saya langsung merasa ngantuk, hihi. Oiya, coklatnya jangan diganti beng-beng ya, yang ada gatel nanti, hahaha. Meskipun begitu, kalo lagi ngga ada stock coklat batangan ini biasanya saya ganti pake coklat bubuk pekat bensdoorp, paling jadinya madunya ditambah sedikit.


Cara bikinnya biasanya saya lelehkan 2-3 blok coklat di microwave -asal leleh saja-. Kemudian diberi madu kurleb 1 sendok makan, kocok cepat. Terakhir masukkan oat meal yang sudah diblender halus 1 sendok teh (biasanya saya haluskan dalam jumlah banyak kemudian saya simpan sehingga siap pakai). Oleskan di wajah, biarkan 15 menit kemudian bilas air hangat. :)

b. Plain Yoghurt + Organic Strawberries
Masker yang ini di kulit saya memberi efek menyegarkan dan mencerahkan. Resepnya dapat dari blognya Phanie. Bikinnya mudah banget, 3 butir stroberi dilumatkan dengan garpu sampai halus, kemudian tambahkan plain yoghurt kurang lebih 1 sendok makan, aduk.


Kalo mau lihat tutorial video plus informasi tentang manfaat yoghurt dan stroberi dari Phanie, silahkan klik DISINI.

c. Egg Whites + Lemon
Nah kalo yang terakhir ini saya suka karena bikin kulit terasa lebih kencang. Sensasinya seperti memakai masker peel-off, hanya saja tidak bisa dikelupas, hihi. Lemon dalam masker ini selain berfungsi untuk menghilangkan bau amis, juga sebagai anti kuman dan bisa mencerahkan kulit. Kalau putih telur saya lebih suka menggunakan telur ayam kampung karena ukurannya lebih kecil, tapi kalo ngga ada pake telur ayam biasa aja gapapa.


Cara membuatnya pertama pisahkan kuning dan putih telur, ambil sebagian putih telurnya. Biasanya yang benar-benar terpakai hanya sedikit aja, ngga lebih dari setengahnya kok. Setelah itu beri perasan air jeruk lemon kurang lebih satu sendok teh saja, aduk cepat kemudian oleskan di wajah. Biarkan sampai kering kemudian bilas air hangat.

Okaay, akhirnya sampai diakhir postingan saya kali ini. Fiuuuhh, panjang juga ya? Baiklaaah semoga bermanfaat dan terimakasih sudah mampir kesini. Kalo mau sharing skincare favorit kamu disini boleh banget lhooo....I'd love to hear that! :)


Kiss kiss,

Merilla.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Kalung Kerah Manik-manik

Pink + Gold Arabian Inspired Look (FOTD + New Video!)

4 Standar Kecantikan Aneh Di Dunia